Pages

Mengenal Pengertian Apa Itu Backlink?

Belajar SEO Blog untuk Pemula - Apa itu Backlink? adalah link dari situs lain yang apabila di klik mengarah ke halaman situs web/blog kita. Membangun backlink berkualitas dapat meningkatkan nilai SEO situs kita, selain itu juga dapat mendongkrak posisi situs web/blog pada search engine. Backlink juga bisa menjadi sumber lalu lintas pengunjung menemukan situs kita selain dari search engine.

Apa itu backlink?

Backlink di bedakan menjadi 2 tipe yaitu:

  • Dofollow (Mengikuti)
    Backlink jenis ini akan di crawl oleh spider  google. Backlink ini memberikan poin tambahan bagi situs kita, karena saat si robot google menelusuri situs (yang sudah kita letakan backlink) maka situs kita juga akan ikut ditelusuri.
    <a href=”http://nubibelajarseo.blogspot.com”>belajar seo untuk pemula</a>
  • Nofollow (Tidak Mengikuti)
    Kebalikan dari backlink dofollow, Backlink ini tidak akan di crawl oleh spider google. Yang membedakannya adalah penambahan atribut rel=”nofollow”.
    <a href=”http://nubibelajarseo.blogspot.com” rel=”nofollow”>belajar seo untuk pemula</a>
Dari penjelasan di atas banyak pihak yang berusaha berburu backlink dofollow daripada nofollow. Tapi tunggu dulu, mau dofollow atau nofollow memiliki fungsinya masing-masing, backlink nofollow tetap terindeks oleh google walau membutuhkan waktu lebih lama. Berburu backlik dofollow secara membabi buta juga tidak bagus untuk kesehatan situs web/blog kita, google akan menganggap situs kita sebagai spammer. Sebaiknya saat berburu backlink harus seimbang antara jumlah yang dofollow dan nofollow, kita juga harus memberikan tenggang waktu saat memasang backlink supaya terlihat natural.

Backlink dapat berupa;
  • Anchor text, backlink berupa teks.
    Perhatikan backlink dibawah;
    GOOGLE
    Disitu saya memberikan backlink dengan anchor text “GOOGLE” dengan link tujuan “http://google.com”
  • Image/Banner, Sebuah gambar yang di dalamnya sudah disisipkan backlink.
    Lihat gambar dibawah;
    yahoo
    Saya memberikan backlink ke yahoo, Jika gambar tersebut di klik maka akan mengarah ke situs “http://yahoo.com”

Sudah mengerti kan APA ITU BACKLINK? Saya rasa hanya itu yang bisa saya jelaskan mengenai PENGERTIAN SINGKAT BACKLINK; semoga yang saya sampaikan cukup mudah dipahami, jika masih ada yang kurang jelas bisa tanyakan pada kolom komentar. Terima kasih -
Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment