Pages

Cara Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Belajar SEO Blog untuk Pemula - Apa itu Template? Template adalah struktur tampilan dari website atau blog beserta seluruh komponen yang terkandung didalamnya dengan desain yang beragam rupa. Template juga menggambarkan karakter atau ciri khas dari sebuah situs. Template juga yang mempengaruhi cepat lambatnya loading situs.

Mencari template tidaklah sulit, kita bisa DOWNLOAD TEMPLATE BLOG yang banyak bertebaran di internet. Ada yang free (gratis) atau yang premium dengan sedikit merogoh kocek, sehingga tidak ada situs lain yang memiliki template serupa dengan situs kita.

Cara Memilih Template Blog Yang SEO Friendly

Tapi perlu diketahui, jangan terlalu terbuai oleh keindahan dan fitur yang disugukan dari sebuah template, karena hal utama yang wajib dipertimbangkan adalah dari segi SEO pada template tersebut.

Cara Memilih Template Blog SEO Friendly

Bagaimana kriteria TEMPLATE BLOG SEO? Berikut kita akan membahas sedikit TIPS MEMILIH TEMPLATE SEO FRIENDLY, diantaranya :

1. Loading Cepat.
Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu pada kecepatan loadingnya, semakin cepat loadingnya maka akan semakin bagus. Pilihlah template yang sedikit atau bahkan tidak menggunakan gambar/flash/javascript dalam desainnya, dan juga gunakan widget yang hanya dianggap penting.

2. Tampilan Menarik.
Walaupun saya katakan jangan terbuai oleh keindahan sebuah template, bukan berarti hal ini tidaklah penting, karena dengan memiliki tampilan yang keren, menarik dan unik visitor akan senang berlama-lama berdiam di situs kita walau untuk sekedar melihat-lihat. Dengan catatan poin yang pertama sudah terpenuhi.
Adapun poin lain mengenai tampilan:
  • Pilih desain dua kolom dengan konten disebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. Alasannya karena search engine seperti google merayapi sebuah situs dari kiri ke kanan, dengan demikian posting yang anda tulis akan cepat terindex.
  • Penggunaan warna yang serasi, yaitu dengan memilih warna yang kontras antara background dengan text, sehingga tulisan yang ada dapat terlihat dengan jelas.
  • Gunakan menu horizontal agar situs mudah di navigasi, sehingga mempermudah pengunjung untuk menelusuri situs anda. 

3. Link Sehat.
Sebuah template biasanya disisipkan link oleh si pembuat template. Pastikan template yang ingin digunakan dalam kondisi sehat, maksudnya tidak terdapat broken link atau link yang menuju ke website yang diragukan kualitasnya. Kita tidak berhak untuk menghapus link tersebut, karena itu melanggar kebijakan dari si pembuat template. Jadi saya sarankan untuk tidak menggunakan template tersebut.

Download template blog keren

Itulah beberapa indikasi yang membuat template bisa dikatakan SEO Friendly. Jika saat ini anda masih merasa ada yang kurang dengan template yang sedang digunakan, segera lakukan pemeriksaan dan ubahlah jika memang dianggap harus.  Jangan terlalu sering mengganti template, karena bisa berdampak buruk. Berganti-ganti template blog secara terus menerus membuat struktur blog berubah, tentunya hal tersebut membingungkan search engine dalam menentukan struktur yang penting. Terlalu sering mengganti template membuat situs tidak punya identitas atau karakter yang melekat untuk di kenali. Ganti template hanya jika anda merasa sangat yakin bahwa desain yang akan anda buat lebih baik dari template yang sedang digunakan.

Sekian tips yang mampu saya berikan tentang BAGAIMANA CARA MEMILIH TEMPLATE BLOG SEO FRIENDLY. Terima Kasih -
Artikel Terkait :

1 comment:

  1. kalau customize letak widget dll bagaimana? Apa membuat bingung mesin pencari juga? Terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete