Pages

Cara Membangun Internal Link Yang Efektif

Belajar SEO Blog untuk Pemula - Bicara soal tips dan trik SEO memang tidak akan pernah ada habisnya, untuk itu jangan pernah merasa bosan karena SEO memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan situs kita. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari salah satu teknik SEO yang bisa dibilang cukup ampuh untuk mendongkrak peringkat di search engine, yaitu bagaimana cara optimasi internal link di website/blog. Teknik ini merupakan strategi mendasar yang seharusnya sudah di terapkan di situs web blog anda.

Cara Optimasi Internal Link Yang Efektif

Pengertian Apa itu Internal Link?

Sebelum membahas cara menerapkannya, ada baiknya kita mengetahui apa itu internal link? Internal link adalah link yang mengarah ke halaman lainnya dalam satu situs. Link tersebut saling menghubungkan antara halaman yang satu dengan halaman lainnya.

Fungsi dan Tujuan Membangun Internal Link

Tujuan mengoptimasi internal link adalah menyediakan konten yang relevan untuk pengunjung. Pengunjung bisa memperoleh banyak informasi secara menyeluruh dengan adanya internal link.

Menggunakan internal link sangat dianjurkan saat memulai membangun blog karena memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah manfaat optimasi internal link:
  • Menambah jumlah page view, pengunjung akan melihat satu demi satu artikel seo yang saling berhubungan. Secara tidak langsung hal ini juga akan mengurangi persentase dari bounce rate.
  • Sebagai penompang atau pendukung dari halaman lain, memberikan internal link ke halaman lain secara otomatis memberikan poin tambahan untuk halaman tersebut, hal ini juga berpengaruh untuk memperkuat rangking di search engine.
  • Mempermudah perayapan. Dengan membangun internal link, situs akan lebih mudah dijelajahi oleh robot search engine, dengan begitu setiap halaman di situs kita akan lebih cepat terindex.
Berdasarkan ulasan diatas tentu sudah bisa kita nilai kalau mengoptimasi internal link sangat banyak sekali manfaatnya.

Baca juga : Apa Itu Eksternal Link Dan Pengaruhnya Terhadap SEO?

Cara membangun internal link yang efektif

Setelah kita sudah mengetahui apa itu internal link beserta tujuan dan manfaatnya, sekarang kita akan membahas cara untuk membuat internal link. Simak baik-baik, pahami setiap katanya.
  1. Menyisipkan internal link di tengah artikel.
    Membangun internal link lebih mudah dilakukan dengan blog niche, karena posting yang dibuat saling berhubungan, dengan begitu fungsi dari internal link akan lebih maksimal.

    Saat membuat artikel kita sisipkan beberapa link. Link pertama diarahkan ke home dengan anchor text yaitu keyword utama dari blog kita, dan link kedua kita arahkan ke halaman itu sendiri, dan link ke tiga dan seterusnya arahkan keartikel lain yang berkaitan. Cara ini sangat efektif untuk menguatkan kata kunci tertentu.

  2. Memasang beberapa widget.
    Memasang beberapa widget yang terkandung internal link seperti popular post, related post, menu navigasi horizontal, dll. Dengan begitu pengunjung memiliki daftar artikel yang bisa di baca selanjutnya.
Sekian artikel mengenai cara optimasi internal link yang efektif, semoga bisa menjadi pembelajaran buat kita semua. Terima kasih -

Artikel Terkait :

8 comments:

  1. Terima kasih, sangat menambah pengetahuan. salam sukses

    ReplyDelete
  2. cara yang bagus untuk terindeks lebih cepat

    ReplyDelete
  3. makasih atas pengetahuannya gan, bagiin ilmu agan di forum bola dan dewasa milik ane dong gan.

    Forum Bola
    Forum Dewasa

    ReplyDelete
  4. Pembahasan internal link yang sangat membantu.

    ReplyDelete