Pages

Cara Mudah Melakukan Riset Keyword Dengan Benar

Belajar SEO Blog untuk Pemula - Riset keyword adalah salah satu trik SEO yang bertujuan untuk menemukan kata kunci proporsional. Dengan melakukan riset keyword kita dapat mengetahui apa kata populer yang banyak di cari di search engine, hal ini sangat berguna untuk kita dalam menentukan tema/nichi blog, dan juga untuk bahan tulisan artikel seo yang ingin kita buat. Tidak sampai disitu, kita juga bisa mengetahui seberapa ketat persaingan dari keyword yang dibidik, apakah sulit, sedang, atau mudah.

Cara Mudah Melakukan Riset Keyword Dengan Benar

Ada beberapa alat yang bisa digunakan dalam melakukan riset keyword, mulai dari yang berbayar, sampai gratis. Pada kesempatan kali ini kita hanya membahas teknik dasar riset keyword dengan menggunakan alat yang gratis dan tidak ribet. Walaupun demikian alat ini cukup efisien dan sudah banyak digunakan oleh para ahli SEO.

Alat-alat yang bisa kita gunakan adalah google suggestion, google penelusuran terkait, dan google keyword planner.
Baca juga : Cara Optimasi Link Website/BLog

Untuk cara penggunaannya akan kita ulas satu per satu di bawah ini!

1. Google suggestion
Merupakan saran yang diberikan oleh google yang muncul ketika kita mengetikan beberapa kata untuk mempersempit pencarian.

google suggestion

Pada gambar diatas, ketika saya mencoba mengetik kata “jual jersey” ada beberapa keyword turunan yang muncul, kita bisa memakai salah satu dari keyword tersebut atau bisa juga dengan menggabungkan semuanya.

2. Google penelusuran terkait
Selain cara diatas kita juga bisa menggunakan google penelusuran terkait, perhatikan bagian bawah google ketika saya mengetik “jual jersey”. Kita juga bisa menggunakan keyword dari hasil penelusuran terkait ini.

google search related

3. Google keyword planner
Sebenarnya ini merupakan layanan untuk yang ingin pasang iklan di google, tapi kita bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan riset keyword.
  • Untuk mengaksesnya kita membutuhkan akun gmail (bagi yang belum memiliki bisa daftar terlebih dahulu).
  • Selanjutnya langsung menuju https://adwords.google.com/KeywordPlanner.
  • Pilih Tools > Keyword Planner.
adwords keyword planner
  • Selanjutnya, pilih "Search for new keyword and ad group ideas", lalu isi dengan keyword yang ingin dicari.
isi target pencarian

  • Jika semua target sudah terisi, klik "Get ideas".
  • Maka akan muncul hasil dari keyword yang bisa digunakan nantinya, lengkap dengan jumlah rata-rata pencarian bulanan dan juga tingkat persaingan.
hasil pencarian keyword

Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan, semoga cukup lengkap dan mudah dipahami. Selesai dah posting tentang "bagaimana cara mudah melakukan riset keyword dengan benar". Sedikit tambahan sebaiknya pilih keyword dengan tingkat persaingan yang mudah (low), tapi tetap banyak dicari orang. Karena akan lebih mudah untuk menapaki puncak pencarian di search engine. Jangan lupa baca artikel menarik tentang tips dan trik SEO lainnya. Terima kasih -
Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment