Pages

Bagaimana Cara Mendaftar Google Analytics

Belajar SEO Blog untuk Pemula - Sebagai seorang pemilik blog, mungkin ada kalanya saat kita sangat ingin untuk mengetahui data dari pengunjung yang datang. Hal itu terbilang wajar, karena informasi dari pengunjung bisa kita jadikan patokan apakah sudah sesuai seperti yang kita targetkan atau belum. Saat ini ada banyak alat yang memberikan layanan supaya kita bisa mengetahui data dari si pengunjung, dan salah satunya yaitu GOOGLE ANALYTICS.

Cara Mendaftar Google Analytics

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah layanan dari google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah website/blog. Informasi yang diberikan oleh google analytics diantaranya: jumlah pengunjung per hari, asal negara dan kota, browser yang digunakan, berapa lama kunjungannya, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Baca Juga : Cara Mendaftar Blog/Website di Google Webmasters Tools.

Nah itulah pengenalan singkat dari google analytics. Intinya google analytics sangat penting untuk situs website blog. Bahkan untuk memperkuat SEO, kita juga memerlukannya untuk melacak sumber lalu lintas.

Bagaimana Cara Daftar Google Analytics?

Setelah kita mengetahui banyaknya manfaat yang diberikan, sekarang kita mulai tutorial cara untuk daftar google analytics. Untuk mendaftarnya sangatlah mudah, simak caranya dibawah:
1. Pastikan sudah memiliki akun gmail.
2. Langung meluncur ke http://www.google.com/analytics
3. Klik Masuk yang ada di pojok kanan atas.
4. Untuk membuat baru, klik Pendaftaran.

Mulai Pendaftaran Google Analytics

5. Setelah itu, kita anan disugukan formulir pendaftaran, silakan lengkapi sesuai dengan data situs masing-masing. (Pilih opsi Situs Web bukan Aplikasi Seluler)

6. Jika semua sudah terisi, lanjut dengan klik Dapatkan ID Pelacakan.
7. Maka akan terbuka jendela baru Privacy Police, klik Saya Setuju.
8. Sekarang kita akan dibawa ke halaman akun, dan mendapatkan kode untuk dipasang pada blog masing-masing.

ID Pelacakan
9. Sekarang login ke blog masing-masing.
10. Pilih menu Setelan di sidebar kiri >> Lainnya. Scroll ke bagian Google Analytics, Isi dengan ID yang didapat sebelumnya.

Memasang ID Pelacakan di Blog

11. Jika sudah klik Simpan.
12. Terakhir cek apakah sudah terpasang atau belum, caranya buka kembali halaman google analytics kemudian reload (F5).

13. Jika berhasil akan ada pemberitahuan "Status: Pelacakan Terpasang".

Sekarang situs sudah berhasil kita daftarkan di google analytics. Gimana mudah bukan? Dengan begini kualitas SEO situs kita juga bertambah. Data dari google analytics baru akan muncul sehari kemudian. Demikian artikel tentang Cara Mendaftar Google Analytics, Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Terima kasih -
Artikel Terkait :

2 comments: